0

Makalah 2 "Peran Budaya Daerah Dalam Memperkokoh Ketahanan Budaya Bangsa"

Posted by Rika Agussyah Putra on 02.45 in

Peran Budaya Daerah Dalam Memperkokoh KETAHANAN Budaya Bangsa












Disusun Oleh :
                                    NAMA               : RIKA AGUSSYAH PUTRA
                                    NPM                  : 16111199
                                    KELAS              : 1KA41






SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA 





Mata Kuliah  :  Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin
Topik Makalah
Peran Budaya Daerah Dalam Memperkokoh KETAHANAN Budaya Bangsa

Kelas  :  1-KA41
Tanggal Penyerahan Makalah : 03 April 2012
Tanggal Upload Makalah  :  04 April 2012

P E R N Y A T A A N

Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.
Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

P e n y u s u n

N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
16111199
RIKA AGUSSYAH PUTRA


Program Sarjana Sistem Informasi

UNIVERSITAS GUNADARMA

 

 




KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis penjatkan kehadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “Peran Budaya Daerah Dalam Memperkokoh KETAHANAN Budaya Bangsa”.
Penulisan makalah adalah merupakan salah satu tugas dari mata kuliah Ilmu Budaya Dasar Program Sarjana Sistem Informasi Universitas Gunadarma.
Dalam Penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.
Dalam penulisan makalah ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan makalah ini.
Akhirnya penulis berharap semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah, Amiin Yaa Robbal ‘Alamiin.




Bekasi 29 Maret 2012


PENYUSUN




 DAFTAR ISI
PERNYATAAN.................................................................................................................. i
KATA PENGANTAR........................................................................................................ ii
DAFTAR ISI...................................................................................................................... iii
BAB 1 Pendahuluan
1.1.   Latar Belakang............................................................................................................. 1
1.2.   Tujuan........................................................................................................................... 1
1.3.   Sasaran......................................................................................................................... 2
BAB 2 Permasalahan
2.1.   Kekuatan...................................................................................................................... 3
2.2.   Kelemahan.................................................................................................................... 3
2.3.   Peluang......................................................................................................................... 4
2.4.   Tantangan/Hambatan................................................................................................... 4
BAB 3 Kesimpulan dan Rekomendasi
3.1.   Kesimpulan................................................................................................................... 5
3.2.   Rekomendasi................................................................................................................ 5
Referensi.............................................................................................................................. 6

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1.   Latar Belakang
Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak kebudayaan, hal ini disebabkan oleh setiap daerah memiliki kebudayaan yang berbeda dengan daerah lainnya. Suatu kebanggaan bagi Indonesia memiliki banyak kebudayaan, bahkan sampai negara-negara lain berusaha merebut kebudayaan tersebut.
Sebagaimana tercantum dalam UUD 45, bahwa “Kebudayaan Bangsa adalah kebudayaan yang timbul sebagai buah usaha budinya rakyat Indonesia seluruhnya. Kebudayaan lama dan asli yang terdapat sebagai puncak-puncak kebudayaan di daerah-daerah di seluruh Indonesia”. Hal ini yang membuat Indonesia sangat berbeda dengan negara-negara lain. Setiap kebudayaan memiliki karakteristik dan ciri khas yang menggambarkan daerah-daerah di Indonesia. Sehingga menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi turis-turis asing yang berkunjung ke Indonesia. Banyak juga diantara turis-turis tersebut juga mempelajari kebudayaan Indonesia.
     Munculnya era globalisasi dan semakin majunya teknologi tidak berdampak kepada kebudayaan Indonesia, bisa dibilang kebudayaan Indonesia semakin ditelan oleh zaman dikalangan anak muda. Sudah saatnya kita selaku generasi penerus bangsa juga ikut membantu melestarikan kebudayaan kita sendiri. Jika hal tersebut tidak dilakukan maka bangsa Indonesia akan mengalami kehancuran.

1.2.   Tujuan
·         Menyelesaikan tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar.
·         Sebagai bahan membelajaran bahwa budaya itu adalah asset bangsa yang nilainya tidak bisa dihitung dengan materi.
·         Meningkat rasa nasionalisme untuk terus melestarikan kebudayaan.
·         Menambah pengetahuan mengenai kebudayaan nasional



1.3.   Sasaran
Sasaran dari penulisan makalah ini adalah agar semua masyarakat khususnya generasi muda Indonesia melestarikan kebudayaan. Kebudayaan itu merupakan cirri suatau bangsa, jika tidak dilestarikan maka bangsa Indonesia tidak memiliki cirri khasnya yang sudah dikenal masyarakat duni.





 BAB 2
PERMASALAHAN
Analisis permasalahan Peran Budaya Daerah Dalam Memperkokoh Ketahanan Budaya Bangsa dengan memperhatikan dan mempertimbangkan  kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek :
2.1.   Kekuatan (Strength)
a)      Memiliki banyak kebudayaan merupakan keistimewaan Indonesia. Kebudayaan setiap daerah-daerah juga berbeda-beda, hal ini dapat menimbulkan rasa nasionalisme kedaerahan untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan daerahnya sendiri.
b)      Kekhasan budaya Indonesia memiliki kekuatan tersendiri. Misalnya rumah adat, pakaian adat dan lain-lain.
c)      Banyak hal-hal berbau mistik yang masih dianut sebagian masyarakat Indonesia merupakan salah satu daya tarik untuk mendatangkan wisatawan asing.
d)     Kebudayaan daerah merupakan tiang dari kebudayaan nasional, jika kebudayaan daerah terus dilestarikan maka akan menjadi sebuah kekuatan yang membuat Indonesia semakin kokoh.

2.2.   Kelemahan (Weakness)

a)      Kurangnya kesadaran generasi muda tentang betapa pentingnya sebuah kebudayaan. Mereka menganggap kebudayaan daerah adalah kebudayaan yang sudah ketinggalan zaman dan memilih mengikuti dan melestarikan kebudayaan asing.
b)      Minimnya komunikasi antara suku-suku di Indonesia. Seharusnya mereka membuat sebuah komunitas yang mengatur agar mereka bisa mementaskan kebudayaan-kebudayaan mereka di kota-kota besar seperti Jakarta.


c)      Mudahnya budaya asing masuk ke Indonesia akibat peran media masa. Seharusnya media masa lebih mengekspos kebudayaan negara sendiri.
d)     Kurangnya kepedulian dari pemerintah. Jika setiap sekolah di Indonesia diberi kurikulum tentang kebudayaan Indonesia pastinya generasinya muda lebih menghargai kebudayaannya.

2.3.   Peluang (Opportunity)

a)      Banyaknya kebudayaan Indonesia menjadikan Indonesia tujuan wisata. Dengan banyaknya yang berkunjung ke Indonesia peluang untuk meraup devisa cukup tinggi.
b)      Dengan pesatnya perkembangan teknologi, dapat dimanfaatkan untuk memperkenal kebudayaan Indonesia. Contohnya melalui dunia maya.
c)      Menciptakan kebudayaan baru yang merupakan gabungan antara kebudayaan Indonesia dan kebudayaan asing.
d)     Memperkokoh kesatuan bangsa. Karena seringnya pencurian kebudayaan Indonesia oleh negara tetangga,

2.4.   Tantangan/Hambatan (Threats)

a)      Perubahan pola pikir disertai perubahan kondisi alam merupakan hambatan yang bisa menghilangkan kebudayaan Indonesia.
b)      Masuknya kebudayaan asing ke Indonesia menyebabkan perubahan sikap dan penampilan masyarakat Indonesia yang lebih cenderung lebih nyaman dengan mengikuti kebudayaan asing tersebut.
c)      Besarnya wilayah Indonesia dan besarnya biaya transportasi antara dearah satu ke daerah lain menjadi hambatan tersendiri bagi seseorang yang ingin mempelajari budaya-budaya di Indonesia.
d)     Pencuria kebudayaan Indonesia, hal ini disebkan oleh kurang pekanya pemerintah tentang betapa pentingnya kebudayaan.

BAB 3
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

3.1.   Kesimpulan

a)      Kurangnya kesadaran masyarakat untuk melestarikan kebudayaan Indonesia, mereka malah memilih melestarikan kebudayaan asing yang jelas-jelas bertentangan dengan kebudayaan Indonesia.
b)      Kebudayaan merupakan salah satu cara untuk memperkokoh bangsa Indonesia jika terus dilestarikan dan dijaga dengan baik.
c)      Kemajuan teknologi belum bisa dimanfaat secara maksimal untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia.
d)     Kebudayaan merukapan asset yang berharga dan merupakan ciri khas suatu bangsa.

3.2.   Rekomendasi

a)      Pemerintah seharusnya lebih aktif untuk mengurusi permasalahan kebudayaan Indonesia yang dicuri negara tetangga dengan cara memberi hak paten pada kebudayaan-kebudayaan Indonesia
b)      Media masa seharusnya lebih mengekspos kebudayaan Indonesia daripada mengekspos kebudayaan asing yang merusak generasi muda.
c)      Harus adanya Undang-Undang yang mengatur masuknya kebudayaan asing ke Indonesia.
d)     Pementasan kesenian daerah harus sesering mungkin dilalukan.

 
Referensi :
http://danielyogya.blogspot.com/2008/11/artikel-budaya.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya
http://xeanexiero.blogspot.com/2010/06/kesenian-indonesia-dan-tantangan-ke.html
http://budaya-indonesia.org/bwk/category/Ritual










0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2013 @wokybewok.